Siapa sangka, persaingan bisnis travel umrah dan haji kini tidak hanya dengan sesama travel umrah, melainkan dengan pelanggan atau jamaah sendiri. Ya, sekarang ini marak jamaah yang mencari informasi dari social media untuk melaksanakan umrah secara mandiri atau akrab disebut dengan umrah backpacker.
Umrah mandiri disinyalir lebih fleksibel, lebih mudah serta lebih terjangkau. Apalagi bila jamaah telah terbiasa melakukan perjalanan atau traveling ke berbagai negara, tentu info bagaimana mengurus tiket, visa, akomodasi atau hotel, makanan & handling bandara telah dikuasai. Ada pula yang join grup-grup umrah mandiri, sehingga mereka bisa bertukar informasi seputar umrah mandiri dengan lebih detail dan akurat.
Namun, ditengah gempuran trend umrah mandiri, travel umrah & haji tak perlu risau untuk mengembangkan bisnisnya. Apalagi yang baru mulai bisnis, harus bisa beradaptasi & berinovasi supaya bisa bersaing bukan hanya dengan bisnis travel umrah yang sudah lama berdiri namun juga dengan trend umrah mandiri.
Kuncinya adalah pada inovasi dan mau menggandeng digitalisasi. Jika para jamaah umrah mandiri dapat mengakses informasi dengan mudah sehingga dapat mengatur jadwal umrahnya lebih fleksibel, maka Anda juga bisa menyediakan kemudahan yang sama. Selain itu, ada beberapa tips yang akan Erahajj berikan supaya travel umrah & haji dapat mengembangkan bisnisnya.
- Hadir Secara Online & Mudah Dihubungi Customer
Sekarang semua lebih mudah dikerjakan secara online. Begitu pula dengan bisnis Anda, harus siap hadir bukan hanya di kantor fisik atau offline, namun juga kantor online.
Jangan sampai website perusahaan Anda tak terurus, apalagi update-nya sudah bertahun-tahun lalu. Bahkan, ada pebisnis travel konvensional yang belum punya website! Padahal, sekarang ini eranya sudah serba pakai sistem. Bukan hanya website biasa, namun juga website yang didukung sistem travel umrah terkini supaya lebih mudah mengurus operasional travel Anda.
Kami merekomendasikan sistem Erahajj untuk memudahkan manajemen bisnis travel umrah Anda, sekaligus tampilan website profesional yang dapat menumbuhkan kepercayaan bagi calon pelanggan.
- Berikan Jadwal Pemberangkatan yang Pasti
Kemudahan umrah mandiri yang membuat jamaah ingin berumrah secara mandiri adalah jadwal pemberangkatan yang fleksibel. Apabila travel Anda tidak memberikan jadwal pemberangkatan yang pasti, tentu akan membuat bingung calon jamaah yang ingin berumrah sesuai jadwal yang mereka punya.
Penting bagi travel umrah & haji untuk membuat paket umrah dengan jadwal pemberangkatan pasti (tidak berubah–ubah), sehingga jamaah juga tak lagi bingung menentukan jadwal mereka. Hal ini bisa Anda terapkan dengan membuat display yang jelas di website Anda mengenai jadwal pemberangkatan umrah.
- Permudah Transaksi & Pembayaran
Zaman digital ini, bertransaksi lebih mudah secara digital juga. Begitu juga pembayaran, jamaah sudah tidak mau ribet lagi membawa uang tunai maupun setor tunai ke bank.
Alhamdulillah, di Erahajj Anda bisa menggunakan metode pembayaran Virtual Account (VA) sehingga mempermudah jamaah dalam bertransaksi & pembayaran. Tidak perlu lagi membawa uang tunai dan bisa bayar kapan saja di mana saja tanpa harus konfirmasi pembayaran.
- Berikan Penawaran Menarik Pada Paket Umrah
Anda juga dapat berinovasi pada pembuatan paket umrah yang lebih menarik, dengan harga spesial atau fasilitas tambahan yang menarik bagi jamaah. Pemberian bonus ini bisa mendongkrak minat jamaah berumrah dengan travel Anda.
- Kuasai Social Media untuk Menjangkau Jamaah
Umrah mandiri dipopulerkan oleh influencer di social media. Maka jangan anti terhadap social media, namun gunakan secara maksimal untuk marketing produk Anda. Kuasai market yang Anda bidik, sehingga Anda dapat lebih tepat dalam menjangkau jamaah yang menjadi target pasar bisnis Anda.
- Mengakomodir Kebutuhan Jamaah
Kelebihan dari umrah bersama travel adalah kemudahan dalam mengurus segala sesuatunya yang dibantu oleh travel. Hal inilah yang membuat jamaah bersedia membayar lebih. Dengarkan suara pelanggan, maka Anda bisa mengakomodir kebutuhan pelanggan secara detail, sehingga mereka juga akan merasa puas berangkat umrah bersama perusahaan travel Anda.
- Evaluasi Pelayanan Travel Secara Berkala
Cara untuk mengembangkan bisnis yang terakhir adalah dengan mengevaluasi pelayanan secara berkala. Anda dapat memberikan kuesioner kepada jamaah yang sudah pulang ke tanah air untuk menggali pendapat mereka tentang pelayanan travel Anda.
Mungkin saja ada pelayanan dari tour leader, mutawwif, pihak handling, hotel, catering & sebagainya yang butuh ditingkatkan dan Anda bisa mengetahuinya langsung dari pelanggan. Anda juga bisa membuat dan menyebarkan kuesioner melalui aplikasi Erahajj lho!
Nah, itulah 7 tips mengembangkan bisnis travel umrah di tengah gempuran umrah mandiri. Selalu ingat, bahwa peningkatan pelayanan kepada jamaah merupakan hal yang tak bisa ditawar lagi supaya dapat memenangkan persaingan. Jaga kepercayaan serta hadirkan kemudahan dan harga bersaing (harga sesuai kualitas layanan) agar jamaah tetap mempercayakan kepada bisnis Anda. Selamat mencoba!