Setiap bisnis pasti memiliki strategi untuk meningkatkan penjualan produknya. Bisa dengan menerapkan berbagai strategi marketing, atau dengan mendesain produk yang diunggulkan. Apabila Anda memilih yang kedua, maka Anda bisa menciptakan Halo Effect untuk mendongkrak keseluruhan produk yang Anda miliki.
Lalu, apa itu Halo Effect? Bagaimana Halo Effect bisa menjadi leverage untuk penjualan produk Anda? Yuk, simak selengkapnya pada artikel berikut ini.
Mengenal Halo Effect
Halo Effect adalah bias kognitif yang terjadi saat kesan positif awal berpengaruh pada penilaian secara keseluruhan. Biasanya, Halo Effect ini terjadi saat wawancara kerja, penilaian atasan saat di tempat kerja, hingga kesan ketika pertama kali bertemu dengan seseorang.
Teori yang ditemukan oleh Edward L. Thorndike ini membawa dampak yang signifikan terutama pada tingkat penerimaan kandidat yang telah melakukan wawancara kerja. Namun, tak terbatas pada dunia kerja saja. Halo Effect juga bisa kita gunakan di dunia marketing bisnis.
Contoh Halo Effect pada Bisnis
Salah satu contoh yang paling terkenal dalam penerapan Halo Effect pada dunia bisnis adalah perusahaan Apple saat menjual produk Ipod. Pada tahun 2005, penjualan Apple Computer naik 68%, keuntungan naik 384% dan saham Apple naik 177%.
Hal tersebut disinyalir adalah Halo Effect yang ditimbulkan oleh Ipod, sehingga Ipod menjadi produk jagoannya Apple. Ketenaran Ipod mendongkrak penjualan produk-produk Apple lainnya, sampai profit & saham Apple juga merembet naik.
Menarik sekali, bukan?
Kuncinya adalah pada produk unggulan yang bisa mendongkrak sales di perusahaan tersebut. Produk lain akan lebih mudah terjual setelah ada satu produk yang berhasil memberikan Halo Effect. Lalu, bagaimana sih penerapannya di bisnis Anda?
Penerapan Halo Effect Pada Bisnis Travel Umrah
Sebenarnya, bisnis travel mempunyai produk yang bisa dikatakan akan selalu ramai peminat. Apalagi sekarang ini minat masyarakat sangat bagus terhadap ibadah umrah, sehingga lebih mudah untuk mengedukasi terkait value dari produk unggulan Anda.
Anda bisa membuat paket-paket umrah yang mempunyai keunikan serta kelebihan dari paket pada umumnya yang dijual oleh kompetitor Anda. Tidak harus paket yang berharga murah|murah, lho!). Paket umrah exclusive yang ditawarkan dengan harga tinggi pun dapat menarik pasar tertentu. Anda dapat melakukan percobaan, paket apa kira-kira yang paling menarik minat konsumen.
Setelah menentukan produk unggulan Anda, curahkan segala energi, waktu, tenaga dan biaya untuk membuat produk Anda memiliki kualitas yang sesuai dengan kebutuhan jamaah. Upayakan agar produk Anda dikenal oleh calon pelanggan, sehingga mereka akan tertarik membeli, sekaligus bisa membuat bisnis Anda lebih terkenal.
Dengan demikian, produk Anda lainnya juga bisa dilirik oleh konsumen. Mungkin, paket tersebut kurang sesuai dengan selera pasar, maka konsumen dapat membeli paket lain yang Anda tawarkan. Tinggal Anda yang harus jeli dan bisa meyakinkan konsumen Anda dengan produk yang Anda tawarkan.
Itulah tips untuk memanfaatkan Halo Effect bagi perkembangan bisnis Anda. Semoga bisa diterapkan & penjualan Anda semakin tinggi! Jangan lupa untuk memakai sistem manajemen travel umrah yang profesional seperti Erahajj! Anda bisa memaksimalkan bisnis Anda dengan dukungan teknologi terkini agar tidak ketinggalan dari pesaing Anda!