Berbicara masalah penjualan, tentunya ada kaitannya dengan pelanggan yang akan membeli jasa atau produk kita kita. Ketika kita berusaha menciptakan produk yang diharapkan oleh pelanggan, pastinya kita harus mau meluangkan waktu untuk mendengarkan apa kata pelanggan. Ketika pelanggan mengungkapkan kebutuhan dan keinginannya, kita memiliki peluang untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Oleh karena itu penting sekali bagian penjualan atau tim sales and marketing menyediakan waktu bagi para konsumennya untuk menggali kebutuhan mereka. Misalnya saja di bisnis travel umrah yang Anda kelola, Anda dapat melakukan follow up rutin kepada pelanggan Anda yang sedang menunggu tanggal keberangkatan. Anda juga bisa melakukan follow up kepada prospek yang telah Anda jaring leads-nya, sehingga Anda bisa menawarkan paket umrah yang tepat bagi mereka.
Jangan anggap tak penting aktivitas mendengarkan pelanggan ini. Meski tampak buang-buang waktu, kita bisa mendengar jamaah, kemudian memposisikan diri kita sebagai pelanggan. Kita akan semakin mengerti apa yang dibutuhkan oleh jamaah kita, sehingga dalam membuat paket atau pelayanan umrah & haji, kita dapat menghadirkan paket yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan jamaah saat ini.
Istilahnya, kita benar-benar bisa merasakan dari sudut pandang jamaah sendiri, bukan hanya berasumsi bahwa kita sudah melakukan pelayanan yang paling baik bagi jamaah kita. Salah satu tips agar kita bisa merekam apa yang dimaksud pelanggan kita adalah dengan menggunakan fitur Customer Relationship Management atau CRM. Ketika data tentang obrolan kita dengan pelanggan terekam dengan baik, maka kita dapat dengan mudah melakukan evaluasi, serta follow up lebih lanjut.
Untungnya, sekarang ini ada software manajemen travel umrah seperti Erahajj yang telah dilengkapi dengan fitur CRM. Anda dapat membuat catatan yang detail kapan Anda melakukan follow up kepada jamaah maupun prospek Anda. Anda juga bisa melimpahkan dengan mudah prospek tersebut kepada tim lainnya, sehingga jika ada tim yang belum bisa follow up lagi, tim lainnya bisa dengan mudah melanjutkan follow up. Dengan demikian, Anda tak akan kehilangan prospek yang potensial, serta dapat menghasilkan lebih banyak sales.
Untuk jamaah sendiri, Anda juga bisa melakukan follow up secara berkala. Bersilaturahmi memang membuka rezeki. Dengan aktif mengobrol dengan jamaah Anda, Anda akan lebih dekat dengan pelanggan, serta bisa menggali lebih dalam lagi kebutuhan jamaah Anda. Hasilnya, Anda akan lebih mudah dalam melakukan inovasi terkait dengan pelayanan pelanggan ketika berada di Saudi. Anda juga bisa membuat paket yang lebih menjual, berkat masukan-masukan dari pelanggan Anda.
Itulah tips laris jualan dengan cara mendengarkan “suara pelanggan” Anda. Jika Anda ingin memaksimalkan penjualan Anda, dapat dicoba ya tips-tips di atas. Jangan lupa untuk mempererat hubungan Anda dengan pelanggan dengan menggunakan fitur CRM dari Erahajj. Erahajj mendukung bisnis Anda lebih berkembang lagi dengan fitur yang lengkap dan terintegrasi.
Segera aktifkan sistem Erahajj untuk bantu meningkatkan penjualan di travel umrah Anda!