Setiap pebisnis memiliki formula untuk membuat bisnisnya kian berkembang & sukses. Begitu juga pada bisnis travel Anda. Anda bisa membuat usaha Anda menjadi sukses dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan empati kepada pelanggan atau jamaah Anda.
Sebelum menciptakan sebuah produk atau layanan, kita harus bisa menempatkan diri menjadi konsumen, untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan kita. Cobalah untuk berdiri di atas “sepatu” pelanggan, maka Anda akan menemukan berbagai celah yang bisa Anda isi agar dapat menghadirkan solusi bagi permasalahan pelanggan Anda.
Bagaimana empati dapat menjadi titik awal kesuksesan bisnis Anda? Yuk, simak lebih lengkapnya dalam artikel berikut ini!
Pertama, lihat dari sudut pandang konsumen. Sebagai pebisnis biasanya kita hanya memandang dari sudut pandang bisnis saja. Bagaimana menghasilkan profit yang lebih banyak dengan modal yang minimal. Padahal, jika kita mau merasakan sejenak bagaimana jika kita berada di sisi customer, kita akan memiliki jauh lebih banyak referensi supaya dapat menghadirkan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan kita.
Misalnya di travel umrah, Anda dapat menempatkan diri menjadi jamaah umrah yang ingin melakukan ibadah dengan tenang dan khusyu. Pastinya, Anda ingin pengurusan administrasi dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala. Barang perlengkapan diberikan sesuai dengan kebutuhan, serta mendapatkan pembimbing umrah yang berpengalaman.
Hal ini lebih mudah diwujudkan jika bisnis Anda sudah didukung dengan teknologi yang maju, sehingga pelayanan administrasi bisa lebih mudah dan cepat. Penyerahan perlengkapan pun terorganisir dengan baik, sehingga pelanggan Anda tak takut tidak kebagian perlengkapan maupun kendala teknis lainnya.
Kedua, empati menumbuhkan totalitas. Anda yang bisa berempati kepada pelanggan Anda tentu akan all out dalam memberikan pelayanan. Anda sendiri sebagai jamaah tentu ingin dilayani dengan sepenuh hati tanpa membeda-bedakan pelanggan. Jika terlayani dengan baik, pelanggan akan merasa nyaman berumrah dengan travel Anda dan akan menciptakan repeat order karena pelanggan merasa puas. Mereka akan mereferensikan usaha Anda kepada calon pelanggan lain tanpa ragu berkat totalitas pelayanan yang Anda berikan.
Ketiga, menghadirkan formula paling pas. Saat membuat paket umrah, Anda tentu mempertimbangkan berbagai hal, sehingga Anda bisa memberikan pelayanan yang sesuai dengan apa yang pelanggan inginkan. Anda juga dapat menyusun harga yang pantas bagi pelanggan, memastikan apa yang mereka terima sesuai dengan apa yang mereka bayarkan. Tanpa empati kepada jamaah, maka bisnis Anda mungkin hanya berorientasi kepada profit tanpa mempertimbangkan hak-hak konsumen Anda.
Demikian tips supaya bisnis Anda semakin berkembang & sukses dengan mengedepankan empati kepada pelanggan-pelanggan Anda. Apabila ingin bisnis Anda lebih maju, jangan ragu untuk memakai Erahajj yang dapat membuat manajemen bisnis Anda menjadi lebih rapi. Anda pun bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi jamaah Anda! Selamat mencoba!