Transformasi digital terbukti membawa dampak positif bagi perusahaan bisnis. Dilansir oleh techinasia.id PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) menjadi merek yang paling bernilai di Asia Tenggara pada tahun 2023.
Brand BCA mencapai nilai $23 miliar atau setara dengan Rp356 triliun. BCA bisa mencapai hal ini karena perusahaannya berinisiatif melakukan transformasi digital, mulai dari mobile banking dan layanan digital lainnya.
Berdasarkan laporan dari Kantar, sebuah perusahaan konsultasi dan data global, BCA merupakan satu-satunya merek Asia Tenggara yang berhasil masuk ke jajaran brand paling bernilai di seluruh dunia. BCA menduduki posisi ke-74 dari 100 merek paling bernilai.
Angka yang dicapai BCA melampaui merek-merek lainnya seperti BRI, DBS, serta UOB. Meskipun merek-merek global mengalami penurunan sebesar 20% secara keseluruhan dibanding tahun 2022, namun BCA masih mengalami pertumbuhan tahunan. Hal ini cukup menggembirakan, karena BCA masih bisa mencapai pertumbuhan sebesar 12%.
Meski secara ekuitas merek menjadi paling bernilai, namun laba yang diperoleh BCA lebih rendah. BCA menjadi unggul dalam merek karena kemampuannya dalam menciptakan permintaan & mempengaruhi pilihan konsumen. BCA bertransformasi digital dalam layanan mobile banking dan e-walletnya, sehingga minat pelanggan untuk bertransaksi pun meningkat.
Belajar dari BCA, setiap bisnis bisa mengembangkan brand-nya menjadi lebih bernilai dengan menggunakan teknologi untuk transformasi digital. Di era serba digital ini, fokus mengembangkan usaha ke arah digitalisasi guna meningkatkan kepercayaan konsumen. Konsumen juga sudah semakin sadar digital, sehingga bila perusahaan tidak mampu melayani kebutuhan pelanggan maka akan disalip oleh kompetitor yang memahami peluang dibalik digitalisasi ini.
Itulah mengapa, setiap bisnis|perusahaan) harus mulai transformasi digital. Contohnya adalah bisnis travel yang dapat memulai dengan adaptasi digital dengan cara menggunakan sistem digital untuk travel umrah dan haji. Anda dapat memanfaatkan sistem digital terintegrasi untuk mengakselerasi perusahaan Anda agar tidak tertinggal dari kompetitor-kompetitor Anda.
Segera beralih ke sistem digital terintegrasi untuk perubahan nyata menghadapi tantangan di era global. Aktivasi sistem digital terintegrasi Erahajj untuk mendukung langkah perubahan Anda dari cara manual menuju transformasi digital bisnis travel!