Di penghujung Desember 2023, pemerintah resmi mengganti e-KTP dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD). IKD adalah dokumen kependudukan di aplikasi digital yang dapat diakses melalui smartphone.
Masyarakat dapat melakukan aktivasi IKD di Dukcapil, dengan membawa persyaratan seperti e-KTP, email, nomor ponsel aktif dan smartphone untuk download aplikasi IKD di Play Store & App Store.
IKD memiliki keunggulan dibanding e-KTP antara lain adanya integrasi data seperti BPJS, NPWP, kartu vaksin, serta DPT Pemilu. Selain itu, IKD dapat mempermudah pelayanan publik, karena masyarakat tidak perlu lagi memfotokopi KTP. Nantinya, untuk mengurus layanan publik, Anda cukup menunjukkan Quick Response/QR pada aplikasi IKD.
Lalu, bagaimana cara aktivasi IKD?
Pengurusan IKD ternyata cukup mudah. Anda hanya perlu hadir di Dukcapil dengan membawa persyaratan yang diminta. Kemudian, ikuti langkah berikut untuk proses pengaktifannya, yang akan dipandu oleh petugas Dukcapil.
- Download aplikasi IKD di Play Store/App Store
- Login dengan memasukkan NIK, email dan nomor ponsel, lalu tekan tombol verifikasi data
- Lakukan verifikasi wajah dengan memilih menu ambil foto
- Scan QR Code yang ada pada Dukcapil
- Buka akun email yang terdaftar, lalu periksa kode aktivasi
- Masukkan kode aktivasi dan captcha pada aplikasi IKD
- IKD Anda pun sudah aktif
Transformasi e-KTP menjadi IKD adalah terobosan untuk memaksimalkan pelayanan publik secara digital. Anda tidak perlu lagi membawa e-KTP maupun fotokopinya lagi, sehingga menghemat anggaran untuk proses mencetak e-KTP. IKD juga lebih praktis karena tinggal diakses di smartphone saja.
Namun, karena penerapan IKD masih bertahap, Anda masih perlu membawa e-KTP apabila sewaktu-waktu diperlukan. Upaya pemanfaatan digitalisasi untuk identitas kependudukan ini patut diacungi jempol karena pemerintah dengan sigap beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital.
Nah, kalau KTP saja sudah bertransformasi digital, giliran bisnis Anda yang juga beradaptasi digital dengan memakai sistem digital yang tepat. Segera beralih ke sistem digital travel Erahajj untuk mempermudah Anda dalam manajemen database, transaksi, pembayaran, keuangan, persediaan, HR, dan CRM.
Dengan menggunakan sistem terintegrasi, bisnis Anda akan lebih mudah bersaing dengan kompetitor Anda, karena dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman. Yuk, segera aktifkan sistem Erahajj untuk kemajuan bisnis travel Anda!