Jelang akhir tahun, biasanya para pebisnis sudah mulai untuk melakukan evaluasi tahunan. Baik dari sisi kinerja karyawan, atau keuangan mereka. Sehingga, tim mereka pun menjadi lebih sibuk untuk mempersiapkan data-data yang diperlukan guna mengevaluasi kinerja perusahaannya.
Namun, ada pula yang masih bingung hanya sekedar menyiapkan data yang dibutuhkan. Sebab, bisnisnya masih menggunakan cara manual yang mengakibatkan datanya serba manual dan tak rapi. Jika travel Anda masih begini, Anda perlu waspada, karena Anda tidak akan bisa mengevaluasi perusahaan secara menyeluruh bila administrasi serta keuangan perusahaan Anda manajemennya tak rapi,
Lalu, apa saja sih hal-hal yang harus dipersiapkan travel menjelang akhir tahun? Setidaknya ada 3 hal yang harus Anda siapkan. Yuk, simak penjelasannya pada artikel berikut ini!
Data Administrasi yang Rapi
Data penjualan merupakan hal yang krusial karena dari data inilah Anda bisa mengetahui performa perusahaan. Bukan cuma itu, kinerja karyawan Anda seperti divisi sales juga mengacu pada data penjualan yang rapi.
Anda dapat mengevaluasi apakah paket umrah yang Anda jual sudah cukup bersaing dengan travel yang lain, atau justru masih kalah dengan travel lain. Anda juga bisa mengevaluasi pemberangkatan untuk mengetahui apa saja yang dapat Anda improvisasi dari pelayanan travel Anda.
Data administrasi atau data penjualan dan data pemberangkatan yang rapi bisa Anda peroleh jika Anda menggunakan sistem manajemen travel umrah, supaya Anda tidak bingung seperti saat menggunakan cara manual menggunakan kertas maupun file Excel.
Data Keuangan yang Rapi
Selain data administrasi, salah satu data yang Anda butuhkan adalah data keuangan. Anda bisa mengolah laporan keuangan secara akurat apabila Anda memiliki data keuangan yang rapi. Semakin detail data yang Anda miliki, semakin bagus dan akurat pula laporan keuangan yang akan dihasilkan.
Hadirkan data keuangan yang rapi dengan sistem pencatatan digital memakai sistem akuntansi keuangan yang sesuai dengan kaidah akuntansi. Sehingga, pencatatan keuangan bisnis Anda menjadi lebih mudah, & bisnis Anda dapat dipantau dengan melihat laporan keuangan bulanan serta laporan tahunan.
Bayangkan jika semua masih manual, betapa banyak pekerjaan yang harus tim Anda selesaikan di akhir tahun. Nah, sudah tahu kan perbandingannya, mengapa travel harus segera beralih ke pencatatan digital yang terintegrasi, tak lain agar tim Anda bisa lebih cepat dan mudah dalam menyusun laporan keuangan di akhir tahun.
Laporan Keuangan
Setelah punya data keuangan yang rapi, Anda dapat memproses laporan keuangan tahunan yang lengkap dan akurat. Dalam pembuatan laporan keuangan untuk bisnis travel, ada cara yang lebih mudah daripada membuatnya satu per satu yaitu dengan menggunakan sistem terintegrasi, yang dapat menghasilkan laporan keuangan secara otomatis.
Jadi makin ringan, bukan, tugas tim travel Anda?
Nah, dari pemaparan di atas, sudah tentu travel yang mau bertumbuh akan segera beradaptasi dengan sistem digital untuk pengelolaan travelnya. Jangan sampai terlambat, kesuksesan Anda dimulai dari keputusan Anda hari ini untuk berlangganan sistem digital travel agar travel Anda semakin terdepan.
Jangan sampai akhir tahun depan, Anda masih berada pada kondisi yang sama ya! Segera aktifkan sistem manajemen travel terintegrasi sekarang juga!