Pada artikel sebelumnya, Anda sudah mengenal beberapa Enterprise Resource Planning (ERP) yang bisa membantu Anda dalam manajemen bisnis. Bisa dibilang, perusahaan yang masih mengelola bisnisnya dengan cara manual akan sangat tertinggal karena saat ini zamannya sudah serba digital.
Bukan hanya bicara manajemen operasional seperti administrasi & keuangan saja yang harus mendapatkan perhatian. Anda juga bisa memanfaatkan ERP untuk membantu Anda dalam mengelola karyawan atau SDM yang ada di perusahaan Anda.
Pengelolaan karyawan yang tepat bisa menjadi kunci sukses usaha Anda. Jika karyawan Anda bekerja sesuai dengan aturan, maka Anda bisa memaksimalkan performa mereka untuk mencapai tujuan perusahaan. Manajemen karyawan mencakup hal-hal berikut ini :
Rekrutmen
Mendapatkan talenta-talenta terbaik berawal dari proses perekrutan yang benar. Anda harus mengatur tentang persyaratan karyawan yang akan bekerja di perusahaan Anda. Termasuk melakukan serangkaian tes dan wawancara, serta mengelola hasil penilaian dari tes-tes tersebut.
Seleksi karyawan akan semakin mudah bila Anda memakai sistem ERP. Jadi, Anda tak perlu pusing dengan pengelolaan data karyawan baru beserta proses rekrutmennya, karena semuanya bisa dicatatkan di sistem.
Database
Manajemen karyawan berikutnya adalah mengumpulkan data-data karyawan perusahaan Anda. Data utama seperti informasi umum, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, informasi cuti, dan lainnya bisa Anda kelola dengan lebih mudah memakai sistem. Jadi, tidak perlu mencari-cari lagi data karyawan di saat Anda membutuhkannya.
Performa
Berikutnya adalah performa karyawan. Idealnya, tim Anda dapat membuat rencana kerja, serta dapat memasukkan data laporan kerja harian (daily report) supaya Anda bisa memantau kinerja karyawan Anda secara realtime. Termasuk pula absensi harian, sehingga Anda bisa memantau kedisiplinan karyawan Anda.
Hal ini bisa dilakukan jika Anda memakai sistem ERP yang tepat, sehingga karyawan Anda bisa lebih termotivasi dalam bekerja karena adanya laporan kerja yang harus dipertanggungjawabkan oleh masing-masing karyawan.
Payroll
Tak kalah penting, payroll atau penggajian adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan yang ingin memberikan hak karyawan secara cermat. Anda dapat mengelola detail penggajian sesuai dengan kebijakan serta performa setiap karyawan. Jadi, tak ada lagi cerita salah transfer gaji, karena perhitungan gaji yang kurang sesuai.
Nah, jika ingin bisnis Anda lebih berkembang, kini saatnya Anda beradaptasi ke sistem digital untuk mengelola SDM yang ada di perusahaan. Pilih ERP yang tepat sesuai dengan yang Anda butuhkan. Untuk travel, Anda tidak perlu lagi membeli aplikasi Human Resources (HR) terpisah jika Anda sudah berlangganan sistem digital Erahajj.
Ya, Erahajj menyediakan fitur Manajemen SDM yang bisa memudahkan Anda dalam mengelola SDM yang ada di travel umrah Anda. Anda dapat melengkapi database karyawan, monitoring performa, hingga mengelola data penggajian secara detail dengan satu sistem saja. Mudah, bukan?
Apabila Anda tertarik mencobanya, segera hubungi tim Customer Support Erahajj untuk memperoleh informasi lebih lanjut & aktivasi sistemnya. Selamat mencoba!