Setiap usaha tentunya ingin berkembang seiring waktu. Begitu pula dengan usaha travel umrah. Perlu adanya usaha untuk memperbaiki kualitas produknya bagi jamaah, supaya dapat memberikan pelayanan ibadah umrah yang maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi untuk meraih kepuasan pelanggan, salah satunya ialah menggunakan manajemen kualitas.
Manajemen kualitas merupakan strategi untuk memperbaiki kualitas produk atau layanan, agar produk dan layanan yang dihasilkan oleh perusahaan lebih terjaga kualitasnya. Selain itu, manajemen kualitas ditujukan untuk menghindari kesalahan pada produk dan layanan yang diberikan kepada pelanggan.
Travel umrah memiliki layanan seputar pemberangkatan umrah dan haji. Selain itu, ada pula lini penyediaan produk kelengkapan, jasa pengurusan dokumen, penjualan oleh-oleh umrah dan haji, penjualan tiket, serta layanan lain contohnya halal trip. Dengan demikian, banyak hal yang harus dijaga kualitasnya, supaya image yang terbentuk dapat membuat jamaah percaya kepada travel.
Raih Kepercayaan Pelanggan, Bisa Meningkatkan Penjualan
Seperti yang diketahui, bisnis jasa travel umrah mengedepankan kepercayaan jamaah yang menggunakan jasa perusahaannya. Tidak jarang, travel memperoleh rekomendasi jamaah baru dengan cara getok tular para jamaahnya yang merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan travel saat mereka berumrah melalui travel tersebut.
Kekuatan rekomendasi atas dasar kepercayaan jamaah tersebut menjadi modal dasar bagi travel untuk memperbaiki kualitas layanannya. Hal ini bisa dilakukan apabila perusahaan mempunyai sistem khusus untuk follow up pelanggan lama, serta sistem untuk menangani pelanggan baru. Dalam dunia bisnis, hal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan fitur Customer Relationship Management (CRM).
Kuncinya adalah pada data yang dikumpulkan oleh perusahaan. Travel umrah bisa mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebar oleh perusahaan kepada jamaah yang telah menunaikan umrah. Melalui hasil kuesioner tersebut, travel dapat menentukan bagaimana cara meningkatkan kualitas layanannya.
Contohnya saja, pelanggan diberi pertanyaan mengenai bagaimana kinerja pembimbing selama di tanah suci. Bisa juga pertanyaan seputar makanan yang diberikan, serta pelayanan secara keseluruhan dari pertama berangkat hingga kepulangan.
Suara konsumen tersebut adalah saran berharga bagi perusahaan supaya manajemen kualitas travel umrah bisa dijalankan secara maksimal. Kemudian, bagaimana agar manajemen kualitas ini dapat diimplementasikan pada bisnis travel umrah?
Penggunaan Sistem Digital Travel Umrah untuk Mendukung Manajemen Kualitas Perusahaan
Sistem digital travel umrah merupakan solusi bagi travel yang ingin manajemen kualitas perusahaannya dapat diterapkan dengan maksimal. Penggunaan sistem digital travel bisa mempermudah proses manajemen umrah, sehingga kualitas pelayanannya dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu.
Travel umrah yang masih mempertahankan sistem manual dalam menjalankan operasional travelnya, pasti akan sangat tertinggal dengan kompetitornya yang telah beralih ke sistem digital. Bagaimana tidak, perumpamaannya travel konvensional masih berjalan kaki atau naik sepeda, sedangkan travel lainnya sudah melesat menggunakan jet, memanfaatkan teknologi terbaru dengan menggunakan sistem travel umrah yang lengkap dan terintegrasi.
Tentunya, kualitasnya jauh berbeda. Karena, travel yang telah menggunakan sistem digital dapat menyederhanakan proses bisnisnya, sehingga pekerjaan yang biasanya bisa ditangani oleh 2-3 orang, kini dapat dikerjakan oleh 1 orang saja. Pekerjaan yang biasanya butuh waktu berhari-hari, kini bisa diselesaikan 1-2 jam saja. Hal ini disebabkan sistem digital travel yang canggih dapat mengotomatisasi beragam aktivitas berulang yang ada di travel umrah.
Inilah inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh pebisnis travel umrah supaya bisa meningkatkan kualitas travelnya. Apalagi jika sistem digital travel umrah yang mereka pakai mempunyai fitur yang lengkap & terintegrasi, sehingga satu sistem saja sudah mencakup seluruh kebutuhan travel dari hulu ke hilir.
Hubungannya dengan manajemen kualitas, sistem digital travel yang memiliki fitur CRM dapat dipakai untuk mempraktekkan strategi manajemen kualitas agar pelanggan makin puas dengan layanan dari travel umrah tersebut.
Kualitas Terjaga, Pelanggan Makin Loyal
Nah, ketika travel sudah melakukan manajemen kualitas layanannya dengan maksimal, maka tinggal tunggu waktu untuk menuai hasilnya. Sebagai pemilik bisnis travel, pastinya akan terus mencari cara supaya bisnis tetap eksis. Salah satunya adalah dengan mempunyai pelanggan yang loyal.
Masyarakat kini tidak hanya berumrah sekali, namun bisa berkali-kali. Bahkan sudah menjadi agenda tahunan bagi yang mampu melaksanakan. Belum lagi bila mereka dapat membawa jamaah lain, misalnya pemilik perusahaan yang rutin memberangkatkan umrah karyawannya. Pelanggan seperti inilah yang perlu mendapatkan perhatian agar bisa dimaksimalkan follow up-nya.
Jadi, sudahkah bisnis travel umrah Anda memakai sistem digital travel untuk meningkatkan manajemen kualitas bisnis Anda? Jangan sampai salah pilih ya, pilihlah software travel umrah terlengkap dan terintegrasi untuk memaksimalkan bisnis travel umrah Anda!