Penerimaan barang perlengkapan seperti koper, buku manasik, mukena, pakaian seragam dan sebagainya untuk jamaah dari travel umrah adalah salah satu pelayanan yang selalu dikerjakan di travel umrah. Aktivitas ini terbilang penting, karena jamaah harus dipastikan menerima kelengkapan barang penunjang umrah mereka, demi kelancaran ibadah di tanah suci. Travel sudah seharusnya melayani dengan cermat keperluan jamaah, sehingga jamaah dapat menerima hak mereka sesuai dengan yang dibutuhkan serta sesuai dengan paket umrah yang mereka pesan.
Yang jadi masalah, penerimaan barang ini bisa menjadi cukup rumit apabila tim Anda tak memiliki kontrol untuk mengecek apakah pelanggan sudah menerima barang yang sesuai dan seharusnya mereka terima atau belum. Bisa jadi, jamaah menerima perlengkapan yang kurang sesuai, menerima perlengkapan yang seharusnya tidak mereka terima, atau justru belum menerima perlengkapan yang seharusnya diterima karena stoknya habis.
Ketika travel Anda masih menggunakan cara manual, tentunya hal ini akan menyulitkan admin untuk mengontrol penerimaan perlengkapan, karena harus mengkonfirmasi satu per satu ke jamaah maupun ke bagian inventory. Prosesnya juga akan menjadi panjang dan rumit, jika pencatatan penerimaan ini tidak langsung terhubung dengan data jamaah dan data gudang.
Oleh karena itu, Erahajj menghadirkan update sistem terbaru, di mana tim travel Anda dapat melakukan pencatatan penerimaan barang sesuai dengan kondisinya. Adakalanya, customer tidak berhak menerima sebuah barang karena disesuaikan dengan fasilitas paket yang mereka ambil. Maka, Anda dapat mencatatkan penerimaan barang dengan label “Tidak Menerima” pada data penerimaan barang.
Di fitur sebelumnya, label “Tidak Menerima” ini belum tersedia. Kini, Anda dapat menambahkan label tersebut pada keterangan penerimaan barang sehingga data yang Anda input dapat dicatatkan secara tepat sesuai dengan kondisi masing-masing jamaah.
Anda dapat mengubah data penerimaan barang pada menu Manajemen Administrasi > Manajemen Transaksi > Paket Umrah > Data Transaksi.
Pada data transaksi yang ingin Anda ubah, klik menu Opsi > Detail Transaksi > Tab Penerimaan Kelengkapan > Status Penerimaan > Tidak Menerima. Sesuaikan data penerimaan seperti tanggal penerimaan dan tambahkan catatan apabila diperlukan, lalu klik Simpan Data.
Selain dapat mengatur data kelengkapan, Anda juga dapat mencetak bukti penerimaan atau mengunduh bukti penerimaan dalam bentuk file PDF. Hal ini memudahkan Anda untuk menyerahkan tanda terima kepada pelanggan baik dalam bentuk cetak maupun digital. Anda juga dapat mendownload data penerimaan kelengkapan dalam satu kelompok dengan format file Excel. Praktis, bukan?
Anda bisa menyimak fitur ini selengkapnya melalui tutorial yang telah kami sediakan pada link berikut ini :
Demikian update fitur dari Erahajj. Apabila Anda ingin memakai fitur Erahajj secara keseluruhan, silakan hubungi kami untuk mengaktifkan sistemnya! Semoga artikel ini bermanfaat.