Komisi adalah salah satu faktor penting dalam menjalankan travel umrah. Biasanya, komisi diberikan kepada operator, agen, sales dan jamaah untuk reward mereka saat mendaftarkan jamaah baru. Penentuan besarnya komisi, serta perhitungannya harus dilakukan dengan cermat supaya tak menimbulkan masalah.
Masalahnya, kerap kali terjadi kesalahan dalam menghitung komisi penjualan paket umrah. Bayangkan apabila transaksi di travel Anda mencapai ribuan, sedangkan Anda mempunyai sistem keagenan yang bertingkat, di mana setiap levelnya mendapatkan komisi tertentu. Pastinya untuk pembagian komisi semacam ini Anda membutuhkan pengaturan khusus. Jika tidak, akan terjadi kekeliruan perhitungan komisi yang mengakibatkan data keuangan Anda pun menjadi tidak akurat.
Oleh karena itu, diperlukan sistem untuk mengatur jumlah komisi baik berupa uang maupun poin reward, sehingga komisi dapat ditentukan sesuai dengan kebijakan travel umrah Anda. Erahajj adalah sistem digital untuk travel umrah yang dapat membantu Anda menghitung komisi secara otomatis, sesuai dengan pengaturan yang Anda tentukan di awal. Selain itu, Erahajj membantu Anda untuk mencatat data komisi secara otomatis pada transaksi, lengkap dengan pembayaran komisi secara massal serta laporan komisi yang transparan.
Berikut ini akan kami sajikan beberapa sistem komisi yang dapat Anda atur di dalam sistem Erahajj. Simak artikelnya sampai habis, ya!
Mengatur Komisi Operator
Jika Anda menghendaki pembagian komisi untuk operator atas transaksi paket yang dilakukan oleh operator/karyawan Anda, maka Anda bisa mengatur nominal komisinya di sistem Erahajj pada menu Manajemen Administrasi > Manajemen Paket > Paket Umrah > Komisi Operator.
Anda bisa menambahkan data untuk mengatur jenis komisi (reguler atau pelunasan), tingkatan pemesan, nominal komisi, poin reward, serta beberapa pengaturan lain yang dapat Anda sesuaikan dengan kebijakan travel Anda.
Anda dapat mempelajari cara mengatur komisi secara lengkap pada tutorial yang ada pada link berikut ini :
Mengatur Komisi Keagenan
Selain operator, komisi biasanya diberikan kepada agen yang bertugas memasarkan paket umrah yang disediakan di travel Anda. Jika Anda mempunyai struktur keagenan tertentu, baik itu satu tingkat, dua tingkat, tiga tingkat, dan seterusnya, maka Anda dapat mengatur komisinya di sistem travel Anda di menu Manajemen Administrasi > Manajemen Paket > Paket Umrah > Komisi Keanggotaan.
Di sini, Anda bisa mengatur dengan rinci siapa pemesan paket, kemudian tingkatan atau hirarki agen, nominal komisi masing-masing agen, poin reward, serta beberapa pengaturan lainnya. Pengaturan ini perlu Anda isi dengan cermat, agar komisi yang masuk ke agen Anda sesuai dengan kebijakan travel Anda. Bisa jadi, dalam satu transaksi ada beberapa orang yang memperoleh komisi keagenan, sesuai dengan tingkatan yang ada dalam travel Anda.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara mengatur komisi keagenan ini, Anda dapat mebaca panduan yang ada pada link berikut ini :
Mengatur Komisi Sales
Di perusahaan travel umrah, biasanya ada juga karyawan bagian penjualan (sales) yang memiliki tugas untuk menjual paket umrah. Bedanya dengan keagenan, biasanya sales ini merupakan karyawan tetap yang memiliki ikatan dengan perusahaan sedangkan agen terpisah manajemennya dengan perusahaan atau pihak eksternal perusahaan.
Nah, jika Anda hendak mengatur komisi penjualan paket untuk sales, maka Anda dapat mengakses di sistem travel Anda pada menu Manajemen Administrasi > Manajemen Paket > Paket Umrah > Komisi Sales.
Anda bisa mengatur rincian komisi untuk sales, sesuai dengan hirarki yang ada pada tim marketing travel umrah Anda. Anda bisa pula mengatur komisi sesuai dengan achievement sales pada fitur jenis komisi flat atau progresif.
Untuk komisi progresif, hal ini memungkinkan Anda mengatur komisi sesuai dengan tingkat penjualan sales Anda, misalnya untuk penjualan 1-10 paket mendapatkan komisi Rp1.000.000,- sedangkan penjualan 11-30 paket memperoleh komisi Rp1.500.000,-. Dengan begitu, tim marketing Anda akan lebih termotivasi untuk menjual lebih banyak paket umrah.
Supaya lebih memahami lagi cara mengatur komisi sales, Anda dapat menyimak panduannya pada link di bawah ini :
Mengatur Komisi Referensi
Jenis komisi yang terakhir adalah Komisi Referensi. Komisi ini biasanya diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada jamaah yang merekomendasikan paket umrah kepada pelanggan lain. Apabila jamaah aktif merekomendasikan orang untuk membeli paket umrah, maka semakin besar pula peluang untuk mendapat komisi referensi ini.
Selain jamaah, komisi referensi juga dapat diberikan kepada operator maupun agen yang terdaftar di sistem travel umrah Anda. Komisi bisa berupa uang maupun poin reward yang bisa diakumulasi untuk ditukar dengan hadiah berupa barang maupun hadiah lainnya.
Anda dapat mengatur nominal komisi serta pengaturan lainnya pada sistem Anda pada menu Manajemen Administrasi > Manajemen Paket > Paket Umrah > Komisi Referensi.
Anda juga dapat mempelajari cara mengatur komisi referensi pada tutorial yang telah kami sediakan pada link berikut ini:
https://wiki.erahajj.co.id/detail-materi/administrasi/manajemen-paket/1006/cara-mengatur-komisi-referensi
Perlu diperhatikan, pengaturan di sistem komisi ini akan memberikan pengaruh pada data komisi pada setiap transaksi paket di travel umrah Anda. Apabila Anda memiliki ketentuan jumlah komisi yang berbeda-beda pada setiap paket, Anda bisa melakukan penyesuaian (override) pada masing-masing paket.
Anda bisa mempelajari cara override komisi paket pada panduan berikut ini :
https://wiki.erahajj.co.id/detail-materi/administrasi/manajemen-paket/1013/cara-mengatur-override-komisi-pada-paket
Demikian penjelasan mengenai pengaturan komisi operator, keagenan, sales, dan referensi yang dapat Anda terapkan pada sistem Erahajj untuk travel Anda. Semoga dengan pengaturan komisi yang tepat bisa membantu masalah pembagian komisi yang ada pada travel Anda, sehingga data keuangan Anda bisa tertata lebih rapi lagi.
Hubungi kami jika Anda hendak menggunakan sistem Erahajj untuk travel umrah Anda.