Metode Eksperiental Marketing - Sebagai seorang pebisnis, Anda pastinya selalu ingin meningkatkan minat konsumen terhadap produk yang Anda pasarkan. Sebagai langkah nyata, Anda akan mencari cara-cara pemasaran terbaru yang inovatif. Salah satu teknik marketing yang harus Anda terapkan ialah metode eksperiental marketing. Metode marketing yang diperkenalkan oleh Bernd H.Schmit ini menekankan pada sisi emosional konsumen. Schmit menuliskannya dalam buku "Experiental Marketing : How to Get Customers to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands".

metode eksperiental marketing

Jadi, kita dapat membuat konsumen jatuh hati dengan perusahaan kita, menggunakan produk-produk yang kita tawarkan, dan menjadi konsumen yang setia dengan melakukan pendekatan emosional berdasarkan pengalaman. Bagaimana cara menerapkan teknik eksperiental marketing ini? Jawabannya akan kami bahas secara detail pada artikel berikut ini.

Memahami Metode Eksperiental Marketing

Menurut asal katanya yakni experience atau pengalaman, eksperiental marketing berarti mengoptimalkan pengalaman konsumen untuk berinteraksi dengan produk kita. Jadi, kita menawarkan pengalaman emosi yang dapat membuat hati pelanggan tersentuh dengan produk yang kita jual. Pengalaman emosional tersebut bisa berupa rasa keterikatan dan rasa memiliki yang dalam, karena pelanggan mendapati sesuatu yang ia harapkan ada pada produk tersebut.

Membahas mengenai pengalaman, pelanggan akan merasa terlibat dengan suatu produk apabila mereka bisa menyentuh, mendengar, melihat. Bisa juga dengan merasakan rasa dan mencium aroma dari produk tersebut. Hal ini berlaku untuk produk fisik, dimana konsumen bisa sepenuhnya mengindera produk yang Anda tawarkan. Baca Juga : Psikologi Marketing untuk Pemasaran Bisnis Travel Umroh Bagaimana dengan produk atau jasa yang bersifat digital? Untuk produk digital, maka pengalaman menggunakan produk tersebut dalam bentuk trial atau uji coba dapat dipergunakan untuk metode eksperiental marketing.

Karakteristik Eksperiental Marketing

Karakteristik yang dapat kita cermati dalam eksperiental marketing adalah sebagai berikut:

  • Pengalaman konsumen adalah yang utama. Sesuatu yang dapat diindera oleh pelanggan, baik dengan mata, telinga, hidung, dan hati mereka, akan menimbulkan emosional dan perilaku positif pelanggan terhadap produk tersebut.
  • Membentuk pola konsumsi. Setiap mengonsumsi atau menggunakan suatu produk konsumen merasakan pengalaman, maka hal itu akan membentuk pola konsumsi yang akan membuat konsumen loyal terhadap suatu produk.
  • Keputusan cenderung irrasional. Eksperiental marketing menimbulkan keputusan yang tidak rasional, lantaran ketika sisi emosional pelanggan berhasil disentuh, maka konsumen membeli bukan lagi tentang hal-hal teknis. Perilaku konsumen pun jadi irrasional, terkadang harga mahal tidak menjadi masalah.

Fungsi Eksperimental Marketing

Lalu, apa saja fungsi dari eksperimental marketing? Ada beberapa fungsi yang bisa kita gunakan dari metode ini, antara lain:

  • Pencitraan produk/perusahaan
  • Membangkitkan brand awareness
  • Menonjolkan keunggulan produk dibanding pesaing
  • Mengenalkan inovasi baru
  • Mendukung konsumen untuk uji coba produk (trial product), pembelian (purchase), dan membangun loyalitas konsumen (loyalty).

Penerapan Eksperiental Marketing untuk Usaha Travel Umrah

Metode pemasaran apapun akan efektif bila dilakukan secara tepat dan konsisten. Anda dapat mulai menerapkan metode eksperimental ini dengan cara memberikan simulasi umrah kepada calon jamaah Anda. Simulasi ini akrab dikenal dengan latihan manasik. Bisa juga dengan mengadakan seminar ataupun pelatihan mengenai umrah. Anda dapat memaparkan kepada calon jamaah tentang nilai ibadah umrah. Apa yang bisa mereka rasakan, ketika melakukan ibadah umrah tersebut.

Hadirkan suasana yang mewakili keindahan dan kenikmatan ibadah umrah, misalnya dengan memutar video-video yang relevan dengan kegiatan ibadah umrah. Memberikan materi atau kajian mengenai umrah, berbagi kisah atau testimonial tentang umrah yang menyentuh, dan sebagainya. Untuk pendukung, Anda bisa membuat konten-konten yang bermanfaat seperti tulisan artikel blog, foto-foto, quotes, video dan lainnya yang berkaitan dengan umrah. Upayakan untuk menyusun materi promosi yang benar-benar menyentuh hati, sehingga usaha untuk menghadirkan pengalaman berumrah yang mengesankan bisa terpenuhi.Baca Juga : Kapan Usaha Travel Umroh Anda Memerlukan Software Khusus?Itulah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan sebagai langkah untuk menerapkan metode eksperiental marketing kepada travel umrah Anda. Bila Anda ingin menghadirkan pengalaman yang menyenangkan bagi para jamaah Anda, cobalah untuk memberikan pengalaman lebih mudah (dan menyenangkan kepada jamaah Anda untuk mengakses materi promosi yang Anda siapkan menggunakan software khusus travel umrah yang kami desain khusus untuk Anda.

Kategori : Tips Bisnis
Tags :
metode eksperiental marketing usaha travel umrah
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap metode eksperiental marketing usaha travel umrah

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, metode eksperiental marketing, usaha travel umrah

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami