Menggunakan pendekatan emosional untuk pemasaran bisnis travel umrah saat ini dapat dilakukan dengan cara menerapkan psikologi marketing. Apa sih, yang dimaksud dengan psikologi marketing itu ?
Mendalami Psikologi Marketing
Psikologi marketing ialah pemahaman tentang bermacam-macam motif yang mempengaruhi emosi konsumen dan pasar pada umumnya untuk memberikan pandangan pada suatu produk dan jasa yang ditawarkan oleh penjual. Anda bisa memberikan suatu tindakan yang tepat untuk konsuman Anda dengan cara mengkaji apa saja yang bisa menyentuh emosi mereka untuk membeli produk Anda.Psikologi marketing ini juga bisa digunakan sebagai strategi pemasaran usaha travel umrah Anda. Sebagai pebisnis travel umrah, Anda perlu menjadi leader dan juga mempersiapkan tim yang dapat mendukung strategi pemasaran menggunakan teknik psikologi marketing ini.
Konsep Psikologi Marketing
Secara umum, menurut Dr. Robert Cialdini dalam bukunya yang berjudul Influence : The Psychology of Persuation, konsep strategi marketing ialah sebagai berikut:
- Timbal balik. Dalam hubungan intrapersonal, seseorang akan melakukan hal yang sama dengan apa yang ia terima dari orang lain. Kita biasanya bertindak sesuai dengan perlakuan yang kita dapatkan dari orang lain. Layani jamaah dengan baik, maka Anda akan mendapatkan feedback yang baik dari jamaah Anda.
- Komitmen. Setiap jamaah tentu menginginkan bekerjasama dengan travel umrah yang jujur, terpercaya, dan profesional. Intinya, jangan suka mengumbar janji jika tidak dapat memenuhi. Menjaga komitmen sangat penting untuk mendapat kepercayaan jamaah Anda.
- Jaga wibawa. Biasanya, seseorang akan mematuhi orang yang ia jadikan figur ideal. Anda bisa menerapkannya dengan selalu menjaga wibawa Anda sebagai pemilik bisnis, sehingga timbul rasa segan atau sungkan dari para pelanggan kepada Anda. Nilai tambahnya, Anda bisa mengajak pelanggan membeli produk Anda lebih mudah bila Anda punya otoritas untuk memberikan saran dan informasi.
- Jadilah terkenal. Jaga reputasi bisnis travel umrah Anda sedemikan rupa sehingga jamaah Anda akan membicarakan sisi positif dari brand Anda. Rekomendasi inilah yang biasanya bisa menghasilkan penjualan lebih banyak dari yang Anda duga, tanpa Anda harus berusaha keras untuk berpromosi.
Penerapan Psikologi Marketing Untuk Pemasaran Bisnis Travel Umrah
Setelah memahami mengenai psikologi marketing, saatnya kita bahas terkait penerapan psikologi marketing untuk pemasaran bisnis travel umrah.
Pahami Tipe Pelanggan Anda
Ada beberapa tipe jamaah yang Anda perlakukan sesuai dengan karakter mereka. Pertama, ada pelanggan yang sangat perhitungan. Mereka biasanya merupakan golongan orang yang tidak mau membuang uang hanya untuk mendapatkan pelayanan standar. Memberikan promo harga murah dan diskon dapat menjadi senjata ampuh untuk menarik tipe pelanggan yang satu ini.Kedua, pelanggan yang royal dalam berbelanja. Bila Anda menemukan pelanggan dengan tipe ini, Anda bisa menjual paket-paket umrah premium, karena mereka tak akan menyesal mengeluarkan uang dalam jumlah banyak asalkan pelayanan Anda maksimal. Ketiga, jamaah yang berada di tengah-tengah. Mereka kadang berpikir rasional untuk mengeluarkan uang, namun bila sudah cocok, mereka akan mau membayar meski harganya mahal. Garansi uang kembali, jaminan kepuasan, cashback bila tidak janji, adalah kata-kata promosi yang cocok untuk mereka.
Sentuh Sisi Emosional Jamaah
Menurut para pakar neuroscience, emosi merupakan hal utama yang mempengaruhi pembelian. Maka, Anda harus bisa menemukan sisi emosional calon jamaah Anda. Kemudian, Anda dapat menggunakan pendekatan emosional tersebut untuk menghasilkan penjualan.
Sebagai Contoh, daripada membahas tentang harga, cobalah untuk memberitahu jamaah mengenai keuntungan yang mereka dapatkan dari paket umrah yang Anda punya. Bisa juga Anda menggunakan "umrah bersama seleb/ustad yang berpengaruh" agar membuat jamaah Anda merasa harus mengikuti paket tour umrah tersebut. Nilai tambah yang Anda tawarkan dapat membangkitkan emosi jamaah, sehingga mereka mau membeli tanpa melihat harga yang Anda banderol.
Mainkan Adrenalin Pelanggan
Orang umumnya akan bertindak tidak rasional saat mendekati last minute. Membuat promo terbatas waktu ialah trik ampuh untuk memainkan adrenalin jamaah. Buatlah mereka "takut ketinggalan" bila tidak segera melakukan pendaftaran paket umrah promo tersebut.
Psikologi Respirokal
Cara kerja psikologi respirokal ialah sebagai berikut: bila kita diberi sesuatu, maka kita akan sulit menolak tawaran di kali kedua. Misalnya ketika jamaah datang mencari informasi tentang paket umrah ke kantor Anda, berikan gimmick berupa makan siang gratis, snack/minuman ringan, merchandise, atau yang lainnya. Pemberian cuma-cuma ini akan membuat calon pelanggan merasa perlu untuk membalas yaitu dengan membeli paket umrah Anda di saat mereka memutuskan akan membeli, alih-alih menggunakan jasa biro travel umrah yang lain.Anda dapat menambahkan pemberian berikutnya semisal ketika jamaah mendaftar, Anda berikan voucher potongan harga yang bisa dibagikan kepada keluarga/sanak famili mereka yang juga ingin berangkat umrah. Berapapun yang Anda berikan tidak masalah, mereka akan menghargai pemberian Anda. Nah, itulah metode psikologi marketing yang bisa membuat pemasaran bisnis travel umrah Anda semakin berkembang. Anda juga dapat meningkatkan pemasaran Anda dengan menggunakan sistem aplikasi terintegrasi khusus travel umrah, yang dapat mendukung bisnis Anda lebih maju. Semoga bermanfaat.