Brand Awareness adalah sebuah istilah dalam strategi pemasaran yang maknanya ialah seberapa besar tingkat kesadaran pelanggan terhadap suatu produk. Cara ini bisa dilakukan untuk produk baru atau menghidupkan kembali suatu brand yang pernah ada, dengan jalan mempromosikan secara gencar brand tersebut.
Saat ini, konsumen lebih aktif mengakses platform media sosial dibandingkan media massa konvensional seperti koran atau televisi. Tapi, bukan berarti media konvensional tidak bisa dipakai, karena bisa saja target pasar Anda ada pada posisi tidak mengakses media sosial apapun.
Contoh saja bagi bisnis travel umrah, selain menargetkan milenial di media sosial, target market produk umrah Anda bisa jadi adalah golongan usia dewasa atau tua yang hanya mengakses informasi melalui media massa konvensional.
Pentingnya Membangun Brand Awareness
Sebelum membahas strategi membengun brand awareness, Anda mesti memahami dulu apa pentingnya membangun brand awareness bagi perusahaan travel umrah Anda.
Pertama, brand awareness bisa digunakan untuk mengenalkan produk Anda kepada calon pelanggan, sehingga mereka mengenali produk Anda meskipun mungkin mereka baru pertama kali mendengar atau melihat brand Anda. Sasaran utamanya ialah pelanggan baru yang belum pernah bertransaksi dengan perusahaan Anda.
Kedua, brand awareness bisa menarik pelanggan lama Anda untuk melakukan repeat order dari produk yang Anda jualkan. Bisa juga membuat mereka membeli paket terbaru yang Anda punya, sehingga mereka tahu bahwa perusahaan Anda berkembang serta mempunyai inovasi baru.
Ketiga, brand awareness juga bisa digunakan untuk mengukur kinerja sebuah merk.
Nah, dengan demikian, berinvestasi untuk membangun brand awareness adalah langkah tepat yang bisa Anda ambil untuk mengembangkan bisnis travel umrah Anda. Anda bisa membangun brand awareness dengan meningkatkan performa perusahaan Anda dengan sistem aplikasi umrah terbaik.
Strategi Membangun Brand Awareness
Berikut ini beberapa strategi praktis untuk membangun brand awareness bisnis travel umrah Anda.
Menggunakan Hard Selling di Media Massa
Seperti yang telah dibahas di awal artikel ini, menggunakan iklan konvensional di media massa mempunyai keunggulan tersendiri yaitu bisa menjangkau kalangan atau target market tertentu yang tidak menggunakan media sosial kekinian.
Apalagi untuk produk seperti paket umrah, target market yang mengonsumsi konten di media massa konvensional seperti televisi, radio, koran, brosur, baliho, dan sebagainya masih terbilang cukup hijau. Anda bisa menganggarkan biaya iklan sesuai budget yang Anda punya.
Mengunggah Konten yang Relevan di Media Sosial
Untuk target market baby boomers dan milenial, Anda bisa menggunakan pendekatan brand awareness dengan bantuan media sosial. Target market di kalangan milenial cukup luas, sehingga Anda dapat mendapatkan pelanggan baru dengan melakukan branding di media sosial dan media chatting seperti instagram, facebook page, twitter, youtube, whatsapp, LINE, dll.
Anda bisa melakukan pemasaran dengan menonjolkan konten yang relevan dan mudah diingat oleh calon konsumen Anda seperti gambar, artikel tips, konten how to di youtube, dan lainnya.
Soft Selling pada Content Marketing
Mengunggah konten yang bersifat hiburan, tips bermanfaat, kisah menggugah, bahkan kisah viral bisa menjadi senjata. Mereka akan sukarela menonton sajian Anda dan tanpa sadar mereka akan terpapar brand Anda. Penggunaan soft selling sangat disarankan supaya konsumen tidak merasa sedang menonton iklan.
Adakan Event
Mengadakan event adalah salah satu cara lain yang bisa digunakan. Orang menyukai kegiatan atau acara yang mempunyai nilai tambah untuk mereka seperti seminar, workshop, bazaar, lomba, dan lainnya. Anda dapat menjadi sponsor tunggal, sponsor utama agar brand travel umroh anda semakin dikenal.
Kolaborasi dengan Stakeholder
Anda dapat menggandeng para stakeholders untuk mengadakan pengenalan brand secara bersama-sama. Keuntungannya, upaya Anda akan terlihat lebih profesional bila rekanan Anda sudah mempunyai tempat di hati konsumen. Sebagai contoh, menggandeng maskapai dan hotel ternama, dapat menaikkan brand awareness upaya Anda secara signifikan.
Pemberian Merchandise dan Giveaway
Teknik yang cukup sederhana untuk ditempuh guna membangun brand awareness yakni dengan memberikan merchandise seperti mug, jam dinding, payung, tas, dan barang-barang lainnya bertuliskan brand Anda. Anda juga bisa memakai penggunaan warna yang konsisten supaya brand identity Anda semakin dikenal.
Bukan hanya merchandise, giveaway juga bisa menjadi pemikat pelanggan untuk lebih menyadari keberadaan brand travel umrah Anda. Adakan giveaway secara berkala misalnya setiap pekan atau setiap bulan di waktu yang sama agar brand Anda lebih dikenal dan diharapkan keberadaannya.
Nah, itulah beberapa strategi membangun brand awareness yang dapat Anda gunakan di bisnis travel umrah Anda. Anda dapat mengukur kesuksesan strategi promosi yang anda lakukan dengan melihat traffic website, engagement di media sosial, dan anggapan orang terhadap brand Anda.
Semakin tinggi tingkat keberhasilannya, maka kesempatan untuk menjual produk Anda akan terbuka lebih lebar. Selamat mencoba!