Pada saat social distancing untuk mencegah penyebaran virus Corona digalakkan, bukan berarti Anda dan jamaah Anda jadi melakukan social media distancing. Ada berbagai strategi marketing digital yang dapat Anda jalankan untuk tetap eksis sehingga kedepannya usaha Anda semakin dikenal oleh masyarakat.
Aktivitas di rumah saja membuat jamaah kian akrab dengan social media. Hal ini membawa keuntungan bagi pebisnis untuk bisa mengeksplor lagi strategi pemasaran online yang bisa dikejar. Apabila Anda sebelumnya hanya memasarkan di satu channel saja misalnya Youtube, Anda bisa merambah media sosial lainnya agar bisa lebih di kenal bukan hanya di satu kanal social media saja.
Begitu juga apabila Anda sebelumnya tidak konsen pada marketing berbasis konten SEO, Anda bisa mulai menekuni menciptakan konten-konten yang berkualitas sehingga brand dan produk Anda bisa eksis di mesin pencarian Google. Anda juga bisa menulis konten yang berkualitas dengan menggunakan salah satu fiturnya sistem Erahajj, yang mendukung Anda menyajikan berbagai konten dengan mudah dan praktis.
Berikut ini ada 5 strategi marketing online agar bisnis biro umrah Anda tetap eksis dan juga siap melayani calon jamaah saat kementrian Arab Saudi membuka akses umrah dan haji saat pandemi Corona berakhir.
1. Manfaatkan Instagram
Instagram merupakan social media yang digemari oleh masyarakat. Dimana ada kerumunan, di situlah Anda harus menebar pesona. Anda dapat menciptakan konten-konten berbasis gambar yang berkualitas, video singkat, dan juga story yang bisa mengingatkan audiens Anda tentang haji dan umrah.
Gunakan strategi brand awareness, dengan menambahkan logo, memilih warna tema sesuai identitas, memilih font tulisan serta desain yang konsisten, sehingga orang ketika melihat postingan Anda akan langsung ingat kepada brand perusahaan Anda.
Dengan begitu, Anda tidak akan dilupakan karena derasnya informasi tentang wabah Covid-19. Anda bisa mengangkat tema-tema edukasi seputar corona, motivasi, doa, dan sebagainya.
Bisa juga mengangkat tema positif yang dapat membuat orang menjadi bersemangat saat melihatnya. Konten yang bermanfaat tersebut, bisa menaikkan mood dari audiens Anda, sehingga mereka mau berinteraksi dengan akun instagram Anda.
Hindari membuat postingan yang sifatnya meresahkan. Jika itu berupa data dan fakta, sajikan dengan bahasa yang positif sehingga Anda ikut menyebar kebaikan, bukan kecemasan.
2. Optimalkan Whatsapp Marketing
Selain instagram, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi chatting seperti Whatsapp untuk marketing bisnis Anda. Fokus masyarakat saat ini adalah tentang kesehatan dan keamanan, sehingga hindari beriklan secara frontal dengan terus-menerus menjual produk Anda.
Anda bisa membuat story Whatsapp dengan metode soft selling, yaitu menawarkan produk dengan postingan yang menarik dan bermanfaat bagi konsumen.
3. Buatlah Konten Berkualitas Plus SEO Friendly
Anda mungkin saja belum mengoptimalkan marketing yang satu ini. Padahal, jika ditekuni, Anda bisa merasakan benefit dari pemasaran dengan konten berkualitas plus SEO.
Mengapa harus menciptakan konten yang berkualitas? Karena konten berkualitas adalah asset bagi usaha Anda. Membuat konten yang disukai oleh pembaca akan menjadikan bisnis Anda bernilai plus, karena konten tersebut akan mengiklankan bisnis Anda lebih baik di kemudian hari.
Saat pembaca memetik manfaat, mereka akan menaruh kepercayaan pada bisnis Anda. Sehingga, tanpa Anda banyak beriklanpun kepercayaan dari pelanggan akan terbangun dengan sendirinya.
Berbeda dengan konten sampah yang Anda muat di website Anda seperti berita hoax yang mengundang pro kontra dan memicu kecemasan. Konten seperti itu mungkin menarik banyak visitor, namun tidak berarti apa-apa bagi customer Anda.
Secara teknis, konten berkualitas juga disukai google, sehingga jika pelanggan Anda mencari bisnis Anda, mereka akan dengan mudah menemukan website Anda jika mengandung konten berkualitas yang dibuat SEO friendly.
4. Gunakan Twitter
Twitter adalah social media yang banyak diakses oleh masyarakat. Anda bisa mulai eksis di twitter dengan membagikan sesuatu yang bermanfaat dan diselingi dengan iklan Anda.
Memanfaatkan twitter juga berpeluang untuk membuat bisnis Anda dikenal luas dengan fitur hashtag-nya. Anda bisa menggunakan hashtag yang sedang trending, sehingga brand Anda bisa eksis.
5. Posting Video Youtube yang Menarik
Satu lagi social media yang bisa Anda manfaatkan supaya usaha Anda bisa tetap eksis. Social media berbasis video ini bisa Anda pakai untuk mengupload video-video seputar umrah dan haji.
Buat konten tentang tips berumrah, tips haji, tips ibadah, panduan wisata yang berhubungan dengan umrah, dsb.
Selain menebar konten positif, Anda bisa sekaligus mem-branding perusahaan Anda adalah travel umrah yang amanah dan profesional.
Sisipkan nilai-nilai yang ada pada bisnis Anda, sehingga jamaah yang menonton video tersebut merasa senang dan mau mengikuti channel youtube Anda.
Demikian 5 strategi pemasaran online yang dapat Anda praktekkan. Jangan menyepelekan usaha kecil Anda saat ini, karena dari upaya|usaha) yang kecil itulah bisnis Anda dapat bertumbuh menjadi usaha yang besar.
Manfaatkan sumber daya yang ada ditengah keterbatasan seperti ini, sehingga Anda akan merasa lebih siap melayani jamaah pada saat pelaksanaan ibadah haji dan umrah dibuka kembali.
Jika Anda ingin memanajemen konten dan media sosial dengan lebih baik, cobalah fitur pengelolaan web dan konten dari Erahajj Indonesia, yang bisa menunjang pemasaran digital Anda.