Pengertian Laporan Laba Rugi dan Implementasinya pada Perusahaan Biro Umrah - Laporan laba rugi yaitu salah satu jenis laporan keuangan yang disusun untuk mengetahui berapa besar pendapatan dan beban perusahaan dalam suatu periode tertentu.
Laporan laba rugi memperlihatkan data yang bersifat memadankan antara pendapatan dan beban.
Bila pendapatan yang dihasilkan lebih besar dari beban, maka keuangan perusahaan disebut LABA. Sebaliknya, jika beban lebih besar daripada pendapatan, maka disebut RUGI.
Membuat sebuah data laporan laba rugi harus mempertimbangkan seluruh komponen laporan laba rugi tersebut. Dua perusahaan yang memperoleh pendapatan yang sama, belum tentu keduanya membukukan laba yang sama. Karena sebuah perusahaan bisa saja mengalami beban utang yang besar untuk membiayai operasional perusahaannya. Sehingga labanya menjadi kecil.
Komponen Laporan Laba Rugi
Ada 4 komponen utama laporan laba rugi yang sebaiknya Anda ketahui:
- Pendapatan (revenues)
- Beban (expenses)
- Keuntungan (profit)
- Kerugian (loss)
Jenis-jenis Laba pada Laporan Laba Rugi
Terdapat beberapa jenis laba dalam laporan laba rugi :
- Laba Kotor. Laba kotor ialah pengurangan pendapatan dengan HPP. Artinya, ini merupakan laba yang didapatkan setelah perusahaan berhasil menutup biaya modal produksi.
- Laba Operasi. Laba operasi yaitu laba kotor dikurangi dengan biaya beban operasional. Ini menunjukkan bahwa perusahaan mempu memperoleh pendapatan dalam kegiatan bisnisnya.
- Laba Sebelum Pajak. Laba ini ialah laba operasi yang ditambahkan dengan biaya lain-lain, belum dikurangi pajak penghasilan.
- Laba Bersih. Laba bersih atau laba bersih setelah pajak adalah laba bersih setelah dikurangi dengan pajak penghasilan.
- Laba dari Operasi Berjalan. Ialah laba yang diperoleh saat operasi berjalan di awal periode akuntansi setelah dikurangi bunga dan pajak. Biasa disebut dengan pos luar biasa.
Format Penyajian Laporan Laba Rugi
Cara pembuatan laporan laba rugi adalah seperti laporan keuangan lain. Di bagian atas (header) dicantumkan nama perusahaan dan jenis laporan keuangan. Tak lupa, cantumkan periode akuntansinya.
Anda bisa menyusun seluruh jenis laporan keuangan termasuk laporan laba rugi dengan mudah untuk perusahaan travel umroh Anda dengan menggunakan sistem khusus travel umrah Erahajj.
Anda tidak perlu repot menyusunnya, karena cukup dengan entri data-data keuangan Anda dengan benar, Anda sudah bisa memilki laporan laba rugi dengan cepat, mudah dan akurat.
Implementasi Laporan Laba Rugi Pada Perusahaan Travel Umrah
Cara mengimplementasikan laporan laba rugi pada perusahaan jasasecara umum tidak terlalu berbeda dengan laporan laba rugi pada perusahaan dagang.
Contohnya adalah sebagai berikut.
PT Fikry Tour, pada tanggal 31 Desember 2019 memiliki data-data keuangan berupa aset, kewajiban, pendapatan, dan biaya-biaya operasi adalah sebagai berikut:
- Modal pemilik RP 500.000.000
- Utang Usaha RP 30.000.000
- Piutang usaha RP 25.000.000
- Kas tunai RP 100.000.000
- Penerimaan Penjualan Paket Umroh RP 1.250.000.000
- Penerimaan dari Jasa Lainnya RP 50.000.000
- Pendapatan Bunga RP 300.000
- Tanah RP 50.000.000
- Persediaan Barang Keperluan Umroh RP 15.500.000
- Gaji karyawan RP 72.000.000
- Biaya administrasi & umum Rp. 10.500.000
- Biaya pemeliharaan kantor Rp. 5.000.000
- Komisi Agen Rp. 62.500.000
- Beban Bunga RP 2.400.000
Dari data-data tersebut, PT Fikry Tour membuat laporan laba rugi untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2019, sebagai berikut :
Nah, Anda dapat memiliki laporan keuangan dan laporan laba rugi dengan cepat dan mudah serta akurat tersebut cukup dengan beberapa klik dengan menggunakan software travel umrah Erahajj.
Hubungi CS kami untuk mendapatkan kemudahan dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan travel umrah Anda sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.