Yuk, bijak mengelola usaha travel umrah!
Baru-baru ini, kejadian penipuan calon jamaah umrah PT Damtour sedang hangat dibicarakan di media massa. Kasus penipuan yang merugikan calon jamaah hingga milyaran rupiah tersebut cukup menyita perhatian.
Pasalnya, hanya bermodal promo umrah murah, calon jamaah dengan mudah terpikat bujuk rayu para agen Damtour sehingga mereka secara senang hati menyetorkan sejumlah uang ke perusahaan yang beralamat di Depok Jawa Barat ini. Dalam kurun waktu 2011 hingga 2018 tidak kurang dari 200 jamaah tidak berhasil berangkat dengan nilai kerugian sejumlah 4 milyar rupiah!

Mengapa hal seperti ini berulang kali terjadi?
Dari sisi calon jamaah, mereka hanya tertarik “harga murah” atau bundling promo menggiurkan dari agen travel umrah yang mereka percaya untuk mengurus keberangkatan umrah mereka. Mereka justru tidak tahu, dengan membayar uang muka sekian juta tersebut, apakah mereka benar-benar akan berangkat / tidak. Tahu-tahu sudah ramai jamaah yang terlanjur menyerahkan uang muka, kemudian dengan mudahnya pemilik travel membawa pegi uang calon jamaah umrah.
Dari sisi pebisnis travel umrah sendiri, tidak adanya sistem yang jelas dan teroganisir untuk manajemen data, keuangan, dan layanan lainnya menyebabkan travel umrah bisa jadi lahan kecurangan orang-orang yang tak amanah. Sistem yang tak rapi juga membuka celah bagi karyaawan yang tidak loyal kepada perusahaan untuk menyalahgunakan dana calon jamaah, sehingga walaupun owner bisnis sendiri sudah berusaha untuk amanah, mereka bisa terkena dampaknya juga.

kenyataannya, kasus penipuan semacam ini dapat dihindari dengan cara mencari perusahaan travel umrah yang memiliki sistem manajemen perusahaan yang baik dan transparan. Hal ini kurang memungkinkan jika perusahaan travel umrah masih menggunakan sistem manual, sebab jamaah tidak dapat mengetahui perkembangan keberangkatan umrah mereka secara realtime. Lebih susah lagi apabila jamaah yang mendaftar hanya tahu informasi dan akses ke travel umrah hanya melalui personal dengan menghubungi nomor kontak agen (melalui whatsapp misalnya), mereka tidak bisa memeriksa sendiri ke kantor perwakilan agen travel umrah / melalui website resmi travel umrah tersebut.
Berbeda jika usaha biro umrah sudah memakai sistem manajemen yang baik, apalagi sudah berbasis website sehingga calon jamaah lebih percaya kepada perusahaan travel umrah yang Anda kelola. contohnya saja dari sisi pengurusan visa, pembayaran, dan kepastian jadwal pemberangkatan.
Jika jamaah bisa mengecek secara langsung menggunakan web, maka mereka akan merasa tenang & nyaman menyerahkan dana dan pengurusan kelengkapan untuk umrah. Manajemen secara profesional juga akan meningkatkan kepercayaan jamaah umrah, sehingga bisa jadi mereka akan menjadi agen pemasaran gratis bagi perusahaan Anda dengan testimoni kesenangan mereka.

Erahajj menawarkan solusi bagi usaha travel umrah Anda supaya mampu menjadi agen travel umrah yang profesional dan amanah dengan mengelola semua data jamaah, sistem pembayaraan, sistem persediaan, layanan pengurusan visa, layanan pemesanan tiket transportasi dan pemesanan kamar hotel, & sebagainya secara real time.
Jadi, ketika pertama kali calon jamaah mendaftar, hingga kepulangannya, dapat dilihat progresnya dalam satu sistem aplikasi yang terintegrasi. Tentunya ini akan memudahkan Anda sebagai pengelola, juga memudahkan jamaah yang ingin mengetahui perkembangan umrah mereka. Sangat mudah, cepat, akurat dan juga hemat biaya.
Menjadi perusahaan yang amanah adalah tujuan dari semua perusahaan, seperti halnya cara berbisnis yang dicontohkan oleh Rasulullah. Berbisnis dengan profesionalisme akan menghasilkan keberkahan dalam berbisnis, bukan hanya sekedar keuntungan dan kerugian. Jadi, mulailah meraih kepercayaan pelanggan Anda dengan menyediakan layanan umrah dan haji yang profesional dengan menggunakan sistem aplikasi travel umrah yang profesional seperti Erahajj.