Efek Digital Marketing yang Tak Tepat pada Usaha Biro Umrah - Apabila Anda telah berkomitmen untuk mengembangkan pemasaran produk travel umrah Anda melalui jalur digital marketing, maka Anda harus menambahkan pengetahuan Anda di bidang ini.
Sebab, tanpa adanya informasi / pengetauan yang memadai tentang digital marketing, salah-salah aktivitas pemasaran digital Anda malah dapat menghancurkan bisnis Anda.
Penggunaa digital marketing yang tidak tepat, akan berimbas pada penurunan penjualan, bahkan dapat merusak branding yang telah Anda bangun sekian lama. Tidak ingin, kan, mengalaminya?
Baca Juga : Strategi Membangun Brand Awareness Bagi Perusahaan Travel Umrah
Digital Marketing yang Tak Tepat
Berikut ini akan kami jelaskan berbagai macam penggunaan pemasaran digital yang tidak tepat, yang justru bisa membuat bisnis Anda mengalami kebangkrutan.
Pemasaran Tidak Sesuai Target Market
Ketika merancang konten untuk keperluan digital marketing, perusahaan Anda dituntut untuk mengenali target market Anda terlebih dahulu. Anda bisa menyesuaikan konten apabila Anda tahu persis target market produkatau jasa yang Anda tawarkan.
Jika Anda membidik pasar menengah atas, maka Anda perlu membuat konten ekslusif yang mampu menarik atensi sasaran market Anda. Anda dapat mencantumkan harga yang tinggi, asalkan ada manfaat yang ditawarkan.
Sebaliknya, jika Anda mempunyai produk yang sesuai dengan pasar menengah ke bawah, Anda harus membuat iklan / promosi yang berbeda. Contohnya dengan memasang kata-kata seperti hemat, murah, hadiah, & sebagainya.
Penawaran & Permintaan Tak Sinkron
Anda perlu paham mengenai hukum penawaran dan permintaan, supaya Anda tidak membuat penawaran produk yang permintaannya rendah. Usahakan apa yang Anda jual adalah produk yang disukai oleh masyarakat.
Jika Anda mempunyai penawaran yang sangat baik, akan tetapi permintaannya tak ada misal, harga terlalu mahal atau tujuan wisatanya tak familiar di kalangan jamaah, maka Anda melakukan hal yang menguras waktu dan anggaran.
Sebaiknya, Anda pahami dulu keinginan pasar, baru Anda sediakan penawaran produk paket umrah yang sesuai dengan permintaan pasar.
Baca Juga : Menerapkan Metode Eksperiental Marketing Untuk Usaha Travel Umrah
Kegagalan Branding Perusahaan
Jika Anda melaksanakan branding secara asal-asalan, Anda hanya akan menuai kegagalan mengenalkan perusahaan Anda pada khalayak.
Misalnya, tak konsisten dalam brand identity, memakai bahasa informal ke jamaah yang serius, mengubah-ubah diskon sesuka hati tanpa ada keputusan yang jelas, dan juga merekrut SDM yang tidak profesional sehingga nama perusahaan Anda dipertaruhkan.
Website Perusahaan Berantakan
Website ibarat etalase toko yang memuat profil perusahaan & dagangan Anda. Anda tidak mungkin membiarkan etalase Anda dalam situasi kacau, sementara calon jamaah Anda lalu lalang melihat etalase Anda tersebut.
Usahakan untuk menyusun website Anda dengan baik, gunakan tampilan yang sederhana, mudah dipahami pelanggan, & rapi. Anda mesti mau menginvestasikan sejumlah dana, waktu, & tenaga guna membuat tampilan website perusahaan yang bagus.
Baca Juga: Mengoptimalkan Konversi Penjualan Paket Umrah Via Website
Ketidaksesuaian Iklan dengan Landing Page
Seringkali, pemasar digital memakai iklan berbayar guna mendongkrak penjualan. Baik itu di FB Ads, IG Ads, Google Ads, & media iklan lainnya di internet, umumnya diarahkan untuk mengunjungi landing page untuk meyakinkan pelanggan melalui copywriting untuk berujung closing penjualan.
Sayangnya, masih ada saja pembisnis travel umrah yang abai terhadap hal penting ini, yaitu ketidakselarasan antara iklan yang dipasang dengan landing page tempat closing penjualan.
apabila Anda memasang iklan umrah hemat, ya tidak boleh tawarkan umrah plus-plus di landing page Anda. Sama saja Anda menjual produk bernilai jual tinggi kepada jamaah yang dananya terbatas.
Akhirnya iklan Anda akan percuma, tak berujung pada penjualan. Sayang sekali, bukan?
Rumit Saat Check Out
Nah, ini juga tak kalah penting. Sebagus apapun sebuah produk, seberminat apapun pelanggan terhadap produk yang Anda jual, namun untuk proses check out-nya dibuat rumit, maka Anda akan cepat kehilangan pelanggan potensial.
Untungnya, saat ini ada sistem aplikasi khusus travel umrah yang memiliki fitur transaksi yang gampang & user friendly. Jamaah yang akan membeli travel umrah hanya butuh 3 tahap mudah yang bisa membuat pengalaman jamaah saat mendaftar umrah menjadi menyenangkan.
Budget Besar Hasil Tidak Sebanding
Terakhir, saat menjalani digital marketing, sebenarnya Anda bisa menghemat banyak dana untuk beriklan. Dengan pasar yang begitu luas, Anda hanya membayar beberapa hal saja seperti berlangganan software khusus travel umrah dan iklan.
Namun, ada saja pebisnis travel umrah yang kurang berpengalaman yang masih mengeluarkan banyak dana-dana yang tidak perlu untuk digital marketing. Budget besar tersebut kadang tak menghasilkan penjualan yang besar, profit yang didapatkan pun tidak sepadan.
Solusi Digital Marketing Bagi Bisnis Travel Umrah
Kini saatnya Anda beralih pada solusi digital marketing bagi bisnis travel umrah Anda. Anda bisa berinvestasi cerdas dengan mengalokasikan dana hanya sekitar 500 ribu hingga 2 juta rupiah per bulan untuk membuat percepatan bisnis travel umrah Anda dengan berlangganan software Erahajj.
Nikmati kemudahan mengelola transaksi dan manajemen perusahaan travel umrah dengan Erahajj. Tak sampai di situ, kami juga sudah hadir versi mobile apps untuk kemudahan bertransaksi kapan saja dan dimana saja. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.